ASPENSI Telah Laksanakan Seminar Sambil Berlayar di Raja Ampat

ASPENSI Telah Laksanakan Seminar Sambil Berlayar di Raja Ampat
ASPENSI Telah Laksanakan Seminar Sambil Berlayar di Raja Ampat (Koleksi MAdnan)

Terkini.id, Raja Ampat – Raja Ampat menjadi destinasi yang dikenal dunia. Pada 10-14 Juli 2017 yang lalu, terlaksana Seminar Sambil Berlayar yang dilaksanakan Asosiasi Sarjana Pendidikan Sejarah Indonesia (ASPENSI).

Ketua Panitia, Ismail Suardi Wekke yang juga dosen di Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Sorong menyampaikan bahwa ASPENSI mengenalkan kepada negara sahabat bahwa Raja Ampat merupakan daerah wisata sekaligus tempat berdiskusi ilmu pengetahuan.

“Sehingga pada tahun 2017, ASPENSI melaksanakan kegiatan yang dihadiri dari tiga negara yaitu Indonesia, Malaysia, dan Brunai Darussalam” demikian disampaikan Ismail di Waisai.

Selanjutnya, 2020 pada tahun ini ASPENSI akan melaksanakan SSB kembali di Malaysia dan Singapura pada bulan Juli yang akan datang.

“ASPENSI secara konsisten menjadi wadah berhimpun para sarjana yang terkait Pendidikan sejarah” tutur Ismail yang saat ini sebagai Dewan Pakar ASPENSI.

“Tidak hanya itu, ASPENSI juga menjadi bagian dalam mendorong perguruan tinggi dalam penerbitan akademik. Termasuk di Wamena,” disampaikan Ismail yang Bersama Andi Suwirta, Sekretaris Jenderal ASPENSI menyelenggarakan workshop penerbitan jurnal di Wamena.

Saat ini, ASPENSI menerbitkan jurnal HONAI bersama dengan Universitas Amal Ilmiah YAPIS Wamena (UNAIM). Penerbitan tersebut dimulai pada 2018 setelah sebelumnya di 2017 dilaksanakan workshop penerbitan jurnal. Ini mengawali penerbitan jurnal di UNAIM.

Walaupun bernama ASPENSI tetapi keanggotaan mencakup Asia Tenggara. Akademisi Malaysia, Brunai Darussalam, dan Thailand serta negara lain di Kawasan Asia Tenggara sudah menyertai perhimpunan profesi ini.

“Kita bersyukur dengan kehadiran ASPENSI. Para anggota memberikan apresiasi dengan kesediaan datang ke Raja Ampat dan sekaligus setelah kembali ke perguruan tinggi masing-masing, akan mengenalkan Raja Ampat,” tutup Ismail sehubung dengan program pengenalan Raja Ampat ke antarbangsa.

Konten Bersponsor

Berita lainnya

ICEE 2020 Partisipasi Libatkan 10 Negara Lintas Benua, Mahasiswa Pascasarjana IAIN Sorong Berpartisipasi

Pemuda Peduli, PD PII Raja Ampat Berbagi Sembako

Webinar Pascasarjana IAIN Sorong Dengan Peserta dari Malaysia dan Thailand

Antusiasme Mahasiswa Pascasarjana IAIN Sorong Mengikuti Ujian Proposal Tesis Daring Meningkat

Program Studi Kesehatan Masyarakat UIN Alauddin Undang Dosen Papua Barat dalam Webinar

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar