ICEE 2020 Partisipasi Libatkan 10 Negara Lintas Benua, Mahasiswa Pascasarjana IAIN Sorong Berpartisipasi

ICEE 2020 Partisipasi Libatkan 10 Negara Lintas Benua, Mahasiswa Pascasarjana IAIN Sorong Berpartisipasi
Mahasiswa Pascasarjana IAIN Sorong Berpartisipasi dalam ICEE 2020 (Koleksi Raja Ampat Terkini)

Terkini.id, Raja Ampat – Sebanyak sepuluh Negara terlibat dalam agenda International Colloquium on Environmental Education 2020. Akademisi dan peneliti muda dari Malaysia, Iraq, Brazil, India, Taiwan, China Belgia, Amerika Serikat, Thailand, dan Indonesia hadir sebagai keynote speaker dan panelis.

Acara yang diprakarsai oleh SEEAM, STIE AMKOP Makassar, Masika ICMI, Universtias Prof. Dr. Moestopo (Beragama) dan beberapa universitas di Indonesia dilaksanakan selama tiga hari sejak 4 Juni hingga 6 Juni 2020.

Meskipun pelaksanaan ICEE 2020 kali ini melalui media daring, acara ini terhitung sukses. Hal ini dilihat dari kehadiran peserta di setiap sesi yang mencapai 200 sampai 400 peserta.

Ismail Suardi Wekke mengemukakan bahwa kegiatan-kegiatan ilmiah seperti ini tidak boleh berhenti meski di tengah pandemi, hal tersebut sebagai sebuah kebutuhan akademis bagi akademisi.

“Setelah wabah ini berlalu, tidak boleh berhenti sampai disini. Esensi sebuah seminar adalah pertukaran gagasan, komunikasi ilmiah dan publikasi.” kata Ismail Suardi Wekke.

“Ketika pandemic berlalu 3 hal tersebut tetap harus berjalan entah dengan cara offside ataupun onsite itu menjadi kebutuhan di perguruan tinggi,” paparnya saat diwawancarai Raja Ampat Terkini.

ICEE sendiri telah dilaksanakan sejak tahun 2018 atas prakarsa SEEAM dan IAIN Parepare, dilanjutkan tahun 2019 di Universitas Muhammadiyah Palu.

Untuk tahun 2020 atas kesediaan STIE AMKOP Makassar kegiatan yang menghadirkan para guru besar dari universitas luar dan dalam negeri fokus membahas dampak Covid 19 di semua lini.

Selain itu, lebih dari 20 peneliti muda dari seluruh Indonesia mempresentasikan hasil penulisan artikel ilmiahny yang terbagi dalam 5 sesi. Pada sesi presentasi peneliti muda turut bergabung akademisi dari UI, ITB, IPB, dan UGM yang notabene sebagai universitas tertua di Indonesia.

Pada acara penutupan, ICEE 2020 dihadiri Prof. Poppy Rufaidah, Ph.D selaku atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI di Washington DC, Amerika Serikat. Kehadiran Poppy sebagai keynote speaker juga sekaligus menutup secara resmi acara ICEE 2020.

Ketika ditanya mengenai pelaksanaan ICEE tahun 2021, Ismail Suardi Wekke selaku Co-Chair ICEE 2020 dan Scientific Committee SEEAM menyampaikan pelaksanaa ICEE 2021 kemungkinan besar dilaksanakan di STAI DDI Kota Makassar.

“Rencananya tahun 2021 akan dilaksanakan di STAI DDI Kota Makassar,” pungkasnya.

(Ngesti Wihayuningtyas)

Konten Bersponsor

Berita lainnya

Pemuda Peduli, PD PII Raja Ampat Berbagi Sembako

Webinar Pascasarjana IAIN Sorong Dengan Peserta dari Malaysia dan Thailand

Antusiasme Mahasiswa Pascasarjana IAIN Sorong Mengikuti Ujian Proposal Tesis Daring Meningkat

Program Studi Kesehatan Masyarakat UIN Alauddin Undang Dosen Papua Barat dalam Webinar

YASBIRA Raja Ampat Mengajak Antisipasi Covid-19 dengan Ketersediaan Pangan

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar